Senin, 2 Agustus 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
Terkait Alsintan, Dinas Pertanian Gelar Pertemuan dengan Komisi II

Gorontalo,Distanprov – Dinas Pertanian menggelar pertemuan dengan Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo. Pertemuan ini dihadiri Wakil Ketua Dewan Kris wartabone, Ketua Komisi II Espin Tuli, Muhamad Nasir, Usman Dilo, Warsito, Fadli Hasan, Arifin Djakani, dan eselon III Jajaran Dinas Pertanian.

“Tujuan silaturahmi ini adalah berbagi informasi program Dinas pertanian tahun 2022, permasalahan di lapangan, alat mesin pertanian atau alsintan (combine Harverster) yang kurang,” kata Kepala Dinas Pertanian, Muljady Mario, Selasa (25/5/2021).

Dalam pertemuan ini dibahas alsintan yang sudah tidak layak, membutuhkan peremajaan, serta dugaan adanya oknum di lapangan yang melakukan pungutan liar (pungli) saat petani menggunakan peralatan pertanian.

Juga dibahas status hibah dan kepemilikan alsitan bantuan dari Kementerian Pertanian hasil aspirasi anggota legislatif yang diserahkan langsung kepada kelompok tani.

Dinas Pertanian berharap bantuan alsintan masuk melalui dinas supaya bisa “dibrigadekan”, jika langsung ke kelompok tani tidak bisa digunakan oleh kelompok tani lain dan susah untuk membiayai perawatannya.

Selain itu juga dibahas perubahan penggunaan area persawahan menjadi kebun jeruk serta rancangan peraturan daerah (Ranperda) pemisahan Dinas pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dengan peternakan dan kesehatan hewan.

Dalam pertemuan ini Komisi II mendukung Brigade Pertanian menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan pemisahan Organisasi Perangkat Daerah Dinas Pertanian.

“Kami menjamin tidak ada pungli dalam peminjaman alat mesin pertanian yang berasal dari Provinsi Gorontalo,” kata Muljady Mario, Selasa (25/5/2021).

Muljady Mario berharap alsintan yang berada di dinas pertanian kabupaten/kota dapat dikelola dengan baik dia untuk menunjang upaya peningkatan produksi pertanian. Pengelolaan alsintan yang baik akan memberi manfaat yang lebih banyak kepada para petani, menekan biaya produksi dan memberi keuntungan yang maksimal.

Dalam pertemuan ini juga dibicarakan pencetakan sawah seluas 2.000 ha, namun yang dapat dialiri masih 400 ha. DPRD berkomitmen untuk mendukung upaya pengairan sawah ini sampai tuntas.

Lembaga ini juga meminta peran Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk membangun dan melanjutkan jaringan irigasi terutama di Kecamatan randangan Kabupaten Pohuwato.

 

Pewarta : Oman_Moningka PPID Distan