Senin, 22 Oktober 2018
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Sosialisasi Pemotongan Betina Produktif

Bertempat di ballroom Hotel Maqna kemarin dilakukan sosialisasi tentang Pengendalian Pemotongan Betina Produktif. Hadir sebagai Narasumber dari BAHARKAM POLRI dan Direktur Kesehatan Masyarakat veteriner (kesmavet), Dirjenak,PLT Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, dan Kementerian Pertanian (27/4).

Acara ini di buka oleh PLT sekda provinsi, sosialisasi ini dilakukan guna menjamin keberlangsungan usaha peternakan sapi lokal. Pasalnya, peternak tengah dihadapkan pada biaya pemeliharaan sapi yang meningkat setiap tahun, sementara penyerapan oleh pasar menurun.

Pengendalian pemotongan betina produktif merupakan salah satu pendukung program Upaya Khusus Sapi Indukam Wajib Bunting (UPSUS SIWAB). Keterkaitan dengan upsus siwab, betina produktif daoat dengan cepat meningkatkan populasi.

Seperti diketahui, Indonesia bercita-cita untuk bisa mewujudkan swasembada pangan, termasuk daging sapi. Kegiatan sosialisasi dan pengawasan dengan pihak Kepolisian pun dinilai cukup efektif dalam menekan laju pemotongan sapi/kerbau betina produktif itu.

Pemotongan ternak wajib d potong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan untuk Tempat Pemotongan Hewan (TPH) dilakukan sosialisasi secara continue untuk menjaga kebersihan, jika ada TPH yg nakal segera di tegur.