Senin, 18 November 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Petani Gagal Panen Menerima Bantuan Langsung Benih Padi Dan Jagung Dari Pemprov

Kabupaten Gorontalo, Distanprov–Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Gorontalo belum lama ini membuat sebagian lahan para petani rusak, dari data yang di dapat ada sekitar 359 Ha lahan yang rusak karena dampak kekeringan. Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Dinas Pertanian mulai menyalurkan bantuan berupa benih padi sawah Dan jagung, kepada para petani yang lahannya rusak.

Penyerahan bantuan baneih padi sawah dan Jagung ini diserahkan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam acara yang dirangkaikan dengan Bakti Sosial NKRI Pedui yang dilaksnakan di Kelurahan Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Senin (14/10/2019).

Bangtuan yang diserahkan Khusus Kabupaten Gorontalo senilai Rp. 89.937.500 seluas 359,75 Ha yang di bagi ke 30 Kelompok Tani se Kabupaten Gorontalo dengan jumlah benih sebanyak 8.993,75 KG. Untuk Kecamatan Limboto lahan yang rusak akibat kekeringan sebesar 160Ha di serahkan ke 7 Kelompok Tani dengan jumlah benih 4.000 KG senilai Rp. 40.000.000.

Penyerahan simbolis oleh Gubernur Gorontalo berupa Bantuan benih padi diwakili oleh 3 Kelompok Tani diantaranya KT Teratai I luas lahan 2,4 Ha, KT Teratai II Luas Lahan 4,4 Ha, dan KT Teratai III seluas 1,1 Ha. Dan untuk penerima bantuan benih jagung di wakili oleh Kelompok Tani Maku Bersama di Kelurahan Kayubulan seluas 5 Ha dengan nilai Rp 3.750.000.

Selanjutnya untuk kabupaten/kota lainnya yang melaporkan adanya lahan rusak, menurut Mulyadi selaku Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo akan ditinjau kembali apakah benar benar rusak akibat kekeringan atau ada hal lainnya dan akan segera mendapatkan bantuan benih baik itu jagung atau padi sawah, dan bantuan ini anggarannya dari APBD Provinsi Gorontalo, tutur Mulyadi.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang hadir dan menyerahkan langsung bantuan tersebut menyampaikan seluruh bantuan yang diserahkan merupakan intruksi langsung dari Presiden, Dan diharapkan dapat menambah kesejahteraan masyarakat petani di Provinsi Gorontalo.

Dalam rangkaian acara Bhakti sosial NKRI Peduli turut di hadiri oleh sejumlah pejabat OPD di lingkungan Provinsi Gorontalo. Selain penyerahan langsung bantuan benih padi dan jagung, Pemprov juga menggelar Pasar Murah melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli Habibie mengharapkan, kegiatan bantuan seperti pasar murah dan NKRI peduli ini harusnya di ikuti oleh pemerintah Kabupaten/Kota tidak hanya Pemerintah Provinsi. dan sesuai aspirasi dan keinginan masyarakat Provinsi Gorontalo saya pastikan hingga akhir masa jabatan saya 2022 pasar murah ini akan terus ada,” jelas Rusli.

 

Pewarta : Oman_PPID DIstanProv