Senin, 25 Januari 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
Penyembelihan 19 Ekor Sapi Lingkup Distan Dilakukan Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Gorontalo,Distanprov,- Akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda, penyembelihan atau pemotongan hewan qurban berbeda dari tahun sebelumnya, karena pada tahun ini proses penyembelihan hewan qurban harus tetap dalam penerapan protokol kesehatan sesuai himbauan dari Pemerintah dan MUI.

Sebanyak 19 ekor sapi di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo disembelih mengikuti standar protokol kesehatan yang dilaksanakan pada Sabtu, (01/08/2020) pukul 08.00 WITA di halaman kantor Distanprov. Hewan qurban tersebut disembelih satu hari setelah Iduladha 1441 H yang di hadiri langsung oleh Kepala DInas Pertanian Muljady D. Mario turut serta menyaksikan Aparat, baik Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Penyembelihan hewan qurban tersebut dilakukan berkat insiatif setiap ASN maupun PTT di lingkungan untuk dapat bisa berqurban setiap tahun di Dinas Pertanian dengan cara yang beragam baik berupa iuran setiap bulan atau dengan cara langsung menyetorkan ke panitia qurban Distanprov.

Pelaksanaan penyembelihan Hewan dilakukan serentak di 3 tempat yang berbeda, yakni di Halaman Gedung Distan Sebanyak 9 ekor sapi, di halaman Balai Perlindungan Tanaman sebanyak 4 ekor sapi, dan di kantor BPPSBP sebanyak 6 ekor sapi.

Sebelumnya sapi yang akan di qurbankan sudah melalui tahap pemeriksaan kesehatan hewan oleh dinas pertanian sendiri melalui tenaga teknis dan dokter hewan. Ka.seksi keswan kesmavet distan Fenny Rimporok memastikan semua sapi telah dilakukan pemeriksanaan kesehatan dan bebas covid-19 serta dinyatakan layak dan halal untuk dijadikan qurban.

"Alhamdulillah semua hewan kurban sudah melewati tahap pemeriksaan kesehatan dan sudah di uji Swab, semuanya sehat dan aman serta halal dikonsumsi," ujar Fenny Rimporok

Selain itu, di beberapa titik disiapkan hand sanitizer dan semua petugas yang terlibat wajib menggunakan masker, ketika memasuki area pemotongan semua harus dicek suhu tubuh dengan thermal gun.

“Panitia dan petugas penyembelih qurban harus mengenakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan kami sudah sediakan hand sanitizer di setiap tempat, serta penerapan kebersihan alat yang digunakan dalam pencacahan daging qurban,” tutur Muljady.

Menurut Muljady dengan penerapan protokol kesehatan tersebut diharapkan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dapat berlangsung aman dan sesuai tuntunan Agama Islam, sekaligus meminimalisir risiko penularan virus corona.

"Untuk pembagian daging sapi Qurban ini kita bagi sebanyak 9 kelompok, setiap kelompok sebanyak 7 orang dan seluruh ASN, PTT, Cleaning Service, Security dan Masyarakat Sekitar akan mendapatkan pembagian berupa kupon yang dapat di tukarkan langsung dari hasil penyembelihan Hewan qurban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tidak berkerumun dan tetap menggunakan masker". Tutup Mulyadi.

 

Pewarta : Oman_PPIDdistan