Kamis, 24 Oktober 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Pengentasan Kemiskinan Di Gorontalo Melalui Program BEKERJA siap Action

Gorontalo,Distanprov- Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) berbasis pertanian yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 20/PERMENTAN/RC.120/5/2018 yang selanjutnya dirubah melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 27/PERMENTAN/ RC.120/5/2018 adalah upaya untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi. Bantuan Pemerintah yang dilaksanakan dalam kaitan dengan Program BEKERJA oleh Badan Litbang Pertanian adalah dalam rangka pemasyarakatan inovasi hasil penelitian pertanian. Program BEKERJA merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, jangka pendek, menengah, dan panjang.

Kementrian Pertanian melalui Balai Besar Veteriner Denpasar,Bali melakukan kunjungan yang ke 2 kalinya di Provinsi Gorontalo. Dalam kunjungan kali ini Balai besar Veteriner langsung menemui Kepala Dinas Pertanian dan melakukan pertemuan rapat pemantapan finalisasi Rumah Tangga Miskn Pertanian (RTMP) penerima bantuan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) yang berlangsung di Ruang Rapat Kepala Dinas Pertanian dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Mulyadi D Mario, Ketua Tim dari Balai Besar Veteriner DR.Drh. I Nyoman Dibia, Kabid Peternakan Agustina Kilapong, Perwakilan Bank BRI Cabang Gorontalo beserta jajaran Kementrian Pertanian Selasa siang tadi (09/072019).

 

Rapat tersebut membahas tentang penerima program BEKERJA yang merupakan program nasional dimana Provinsi Gorontalo mendapatkan alokasi penerima Bantuan sebanyak 18.651 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP), dengan target penyaluran sebanyak 800rb ekor ternak ayam yang di lengkapi dengan pakan dan obat-obatan.

Di perkirkan setiap RTMP akan menerima 50 ekor ayam umur kisaran 1 bulan atau yang biasa di sebut Pullet, di tambah Pakan 150 KG dan Uang Rp. 500.000 untuk pembiayaan kandang. Untuk penerimaan berupa Uang tersebut akan di transfer ke rekening masing-masing RTMP, dan untuk RTMP penerima bantuan yang belum memiliki nomor rekening akan di bantu oleh pihak BRI dengan memfasilitasi mereka untuk buka rekening di kantor BRI Cabang tanpa perlu ada saldo awal.

Kadis Pertanian Mulyadi D Mario mengatakan jika tidak ada Halangan perkiraan penyaluran akan dimulai pada Bulan Agustus, Harapan kami masyarakat RTMP penerima bantuan Program ini dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan hidup khususnya beternak, mudah-mudahan program ini akan berjalan lancar demi kesuksesan pemerintah dalam memberantas penanganan kemiskinan di Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo, kami akan bekerja sama dengan pihak aparat Desa serta melibatkan tenaga TKSK dari Dinas Sosial, Tutup Kadis Pertanian Mulyadi.

 

Pewarta : Oman_PPID Distanprov