Senin, 18 November 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
PEMPROV LAUNCHING PROGRAM BEKERJA..BANTU 16.028 RUMAH TANGGA MISKIN
Sinyal keberhasilan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Kementerian Pertanian di Provinsi Gorontalo sudah mulai terlihat dari tingginya semangat para penerima bantuan ternak ayam untuk mengembangbiakkan apa yang diterimanya
 

Gorontalo Utara, Gubernur Gorontalo yang diwakili Oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo melakukan Launching Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Tahun 2019 disela-sela acara Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Tetes Tebu dan Tepug Kelapa Ke Filiphina dan Ke Inggris, Kamis (24/10/2019).

Program BEKERJA yang merupakan program upaya   untuk mengentaskan kemiskinan berbasis pertanian. “Ini adalah bagian dari terobosan-terobosan program untuk percepatan pengurangan angka kemiskinan khususnya di pedesaan yang didominasi masyarakat atau rumah tangga yang bergerak di sektor pertanian.

Khususnya di Provinsi Gorontalo yang dialokasikan di 191 Desa. Di 6 kab/kota se Provinsi Gorontalo dengan Jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima sebanyak 16.028 RTM atau seluruh RTM yang masuk dalam database basis data terpadu (BDT) nasional. Total Anggaran Program BEKERJA tahun 2019 mencapai Rp. 46.Miliar, Dengan rincian setiap Rumah Tangga Miskin (RTM) memperoleh 50 ekor ayam umur 4 minggu, Pakan 150 Kg dan bantuan dana tunai untuk pembangunan kandang sebesar Rp. 500.000 langsung ke rekening kepala keluarga.

Program ini merupakan solusi permanen untuk merubah kondisi rumah tangga petani miskin menjadi rumah tangga petani sejahtera dalam waktu yang sangat singkat, yakni kurang dari satu tahun ujar Sekdaprov Gorontalo dalam sambutannya.

Program BEKERJA diupyakan dapat meningkatkan semangat beternak masyarakat untuk membantu mencukupi kebutuhan biaya sekolah anak dan kebutuhan lainnya dan merupakan harapan baru keluarga di masih dibawah garis kemiskinan sebagai sumber penghasilan. 

 

Alokasi dan jumlah pendistribusian bantuan bekeja di Provinsi Gorontalo di 6 kab/kota yaitu jumlah ayam sebanyak 801.400 ekor, jumlah pakan 2.404.200 Kg serta bantuan pembuatan kandang sejumlah 8 Milyar Rupiah. Realisasi sampai posisi bulan oktober yang sudah tersalurkan di Kab. Pohuwato (1.711 RTM) , Kab. Boalemo (4.816 RTM) serta Kab. Gorontalo Utara (2.191 RTM).

Diharapkan pada akhir tahun ini semua alokasi program bekerja dapat terealisasi sehingga sasaran program bekerja sebagai solusi dalam pengentasan kemiskinan dipedesaan khususnya RTM yang bergerak disektor pertanian dapat segera terwujud, dan semoga program ini dapat memberikan dorongan dan semangat dalam memacu pembangunan pertanian khususnya di provinsi gorontalo, Ujar Darda.

Pewarta : Oman PPID_Distan