Selasa, 4 Agustus 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Pemerintah Mulai Periksa Hewan Qurban

GORONTALO - Menjelang hari Raya Iduladha Dinas Pertanian Provinsi bersama Dinas Pertanian Kota Gorontalo melakukan pengawasan penjualan hewan kurban di 2 titik, Kelurahan Wongkaditi dan Dulomo.

Pengawasan dilakukan mulai hari ini, Senin (6/7/2020) hingga menjelang hari raya.

Semua sapi dan kambing yang dijual masyarakat sebagai hewan kurban akan periksa ante dan post mortem sebelum dan sesudah hewan tersebut dipotong. Hal ini dilakukan untuk menjamin masyarakat  yang mengonsumsi daging kurban yang Aman, Sehat, Utuh Dan Halal (ASUH).

“Jika sapi atau kambing kurban yang diperiksa sehat, akan diberikan tanda dengan tulisan "sapi/kambing sehat," kata Fenny Rimporok, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Bidang Peternakan Provinsi Gorontalo.

Proses pemeriksaan hewan kurban tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelunya karena Iduladha tahun ini bertepatan dengan pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan. 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljady D Mario menambahkan wabah Covid-19 tidak menyurutkan Pememrintah Provinsi Gorontalo untuk melayani masyarakat menjelang Hari Raya Iduladha. Segala upaya akan dilakuakn untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, termasuk layanan pemeriksaan hewan kurban.   

“Tujuan pengawasan adalah agar para penjual sapi atau kambing untuk kurban mendapat label sapi sehat sehingga para pembeli tak akan ragu-ragu,” kata Muljady D Mario.

Label sehat pada hewan kurban juga bisa dituliskan pada papan lokasi penjualan hewan setelah petugas melakukan pemeriksaan. Melalui papan ini konsumen tidak perlu lagi meminta pemeriksaan hewan kurban,  tempat penjualan hewan kurban ini menjamin bahwa ternak yang dijual benar-benar sehat.

 

Pewarta : Oman - Distan