Selasa, 11 Mei 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
Pemerintah Menargetkan Pengiriman Ternak Antarpulau Sebanyak 5000 Ekor

KOTA GORONTALO,Distanprov– Pemerintah Provinsi Gorontalo menargetkan pada tahun 2021 ini mampu mengantarpulaukan 5000 ekor ternak.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Muljady Mario pada rapat pemanfaatan kapal ternak yang melayani Provinsi Gorontalo ke sejumlah kota di Indonesia, Selasa (30/3/2021).

Rapat ini diikuti oleh pelaku usaha ternak sapi, Direktur Lalu Lintas Laut, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Dan Perdagangan, Kantor Karantina Pertanian, kepala dinas kabupaten/kota yang menangani fungsi peternakan, UPP Unit Kwandang, dan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP).

“Keberadaan layanan kapal ternak ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh semua pihak agar target bisa terpenuhi,” kata Muljady Mario.

Dalam rapat ini, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan kementerian Pertanian Fini Murfiani menjadi narasumber dari Jakarta. Melalui fasilitas webinar Fini Murfiani menyajikan pokok-pokok pikirannya terkait pemanfaatan kapal ternak kepada peserta pertemuan.

“Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran ternak sapi antar pulau, meningkatkan kesejahteraan hewan saat pengangkutan ternak dan memudahkan para pengusaha dalam memasarkan ternak antarpulau,” tutur Muljady Mario.

Muljady Mario menambhakn output yang hendak dicapai adalah pelaku usaha dapat memenuhi pembagian kuota yang sudah disepakati atau bahkan meningkatkan pengiriman ternak antarpulau.

“Capaian pengiriman sejak tahu 2019 telah mengalami peningkatan, pada  2019 pengiriman ternak mencapai 843 ekor dan tahun 2020 mencapai 2.174 ekor,” ucap Muljady Mario.

 

 

Pewarta : Oman – PPID DIstan