Selasa, 11 Mei 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
Pelaku Sektor Pertanian Ikuti Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Beras

BONE BOLANGO, KOMINFO – Dinas Pertanian melaksanakan pelatihan perbaikan kualitas beras bagi pelaku utama dan pelaku usaha di gedung Balai Pelatihan Teknis Pertanian.

Pelatihan digelar selama 3 hari, mulai hari Senin-Rabu (29-30/3/2021) ini diikuti para pelaku utama dan pelaku usaha terutama kelompok tani (Poktan) dan gabungan Kelompok tani (Gapoktan) penggilingan padi yang berasal dari 5 kabupaten di Provinsi Gorontalo.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapat pembekalan materi dari Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan, Kepala Bulog Gorontalo serta Bank BRI.

Muljady Mario, Kepala Dinas Pertanian menjelaskan mutu beras yang dihasilkan para petani sangat tergantung pada presentase broken terkait dengan kualitas budidaya dan kualitas gilingan. Pembayaran jasa gilingan padi berkisan antara 10-12 persen.

“Pemilik gilingan jangan membeli beras tapi membeli gabah, karena apabila beli gabah maka tanggung jawab terhadap mutu beras pasti ada,” kata Muljady Mario.

Selain itu Bulog juga memiliki kewajiban mengintervensi harga gabah yang berada di bawah.  Bulog akan mengambil beras apabila harganya anjlok.

Muljady juga mengingtakan kepada para pemilik gilingan 2 fase untuk mengutamakan kualitas beras agar beras Gorontalo bisa bersaing di pasar.

“Pelatihan ini penting karena bertujuan untuk mengubah perilaku Poktan/gapoktan penggilingan padi agar dapat menghasilkan beras berkualitas/premium sesuai kebutuhan masyarakat,” tutur Muljady Mario.

Ia juga menambahkan agar peserta pelatihan tidak memproduksi beras berdasarkan kebutuhan/permintaan petani karena adanya hasil ikutan/dedak. Para petani harus mampu meningkatkan mutu beras yang dapat memiliki daya saing yang dapat meningkatkan pendapatan.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pelaku utama dan pelaku usaha sehingga dapat meningkatkan kualitas beras yang baik.

 

Pewarta : Oman – PPID_Dinas Pertanian