Jumat, 18 Agustus 2017
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Menteri Pertanian RI Melakukan Panen Raya Jagung Di Gorontalo

Gorontalo - Perhatian Pemerintah Pusat begitu besar khususnya bagi pembangunan pertanian di Provinsi Gorontalo, hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang keempat kedaerah ini. Kunjungan ini juga sebagai bukti apresiasi Kementerian Pertanian bagi pencapaian peningkatan produksi jagung di daerah ini.

Dalam kunjungan ke Gorontalo tanggal 25 Agustus 2016 tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Pangdam VII Wirabuana, Gubernur Gorontalo, Bupati Gorontalo dan pejabat Muspida lainnya melakukan panen raya jagung di desa Ayumoligo kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan alat mekanisasi Corn Cambine Harvester. Disela-sela kunjungan Pak Menteri Pertanian menyampaikan  perasaan senang sekali bisa ke Gorontalo karena sekarang produksi 1,2 juta ton dari 200 ribu hektar jagung, kalau bisa tahun depan harus tambah 400.000 hektar. Sebelumnya Menteri Pertanian dan Gubernur Rusli Habibie melakukan kunjungan ke Gudang PT. Harim Farmasco Indonesia di desa Datahu kecamatanTibawa kabupaten Gorontalo, dimana stock jagung yang tersedia di gudang tersebut sebanyak ± 10.400 ton, pak Menteri sangat gembira dan antusias terhadap produksi jagung Gorontalo saat ini.

Upaya penigkatan luas areal pertanaman jagung menurut Menteri Pertanian akan ditopang oleh pemerintah pusat dengan memberikan batuan secara maksimal, berupa pupuk, benih, alsintan sampai penyediaan infrastruktur pendukung kegiatan pertanian. Menteri Pertanian ingin menjadikan Gorontalo sebagai lumbung jagung Indonesia, hal ini didasari karena pemerintah daerah, Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur serta para Bupati/Walikota sangat konsen terhadap komoditi jagung, serta kontribusi Gorontalo terhadap eksport jagung nasional cukup tinggi.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga menyampaikan, bahwa peningkatan produksi jagung menjadi salah satu program yang diseriusi pemerintahan NKRI. Pak Gubernur bersyukur semangatnya mengembangkan jagung mendapat dukungan Kementerian Pertanian. Dalam kunjungan lapangan tersebut, disamping panen raya jagung secara mekanisasi (menggunakan Corn Cambine Harvester), juga dilaksanakan Dialog dan Pemberian Bantuan kepada kelompok tani.

Pada acara panen raya tersebut pak Menteri Pertanian memberi beberapa arahan antara lain target produksi jagung Gorontalo harus capai 1 juta ton jika berhasil dan tahun depan (2017) bantuan benih gratis untuk 200.000 ha (dua kali lipat), Bulog dan GPMT/Charoen Pokphand menyerap  dan membeli jagung  produksi petani  dengan  harga    patokan  minimal   Rp. 3.150 per kg kadar air 15 %. Beberapa bantuan yang akan dialokasikan antara lain untuk Wilayah Ayumolingo Kec. Pulubala 50 buah pompa air,Kabupaten Gorontalo Utara 25 buah pompa air,Koramil Isimu Traktor roda empat 1 unit dan Jalan usaha tani dapat diusahakan melalui Angaran DAK (Dana Alokasi Khusus).