Senin, 18 Desember 2017
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Menteri Pertanian Panen Jagung di Gorontalo

Gorontalo - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dijadwalkan melakukan panen raya jagung di Desa Ombulodata, Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara Rabu ini.

Bupati Indra Yasin di Gorontalo mengatakan, pemerintah daerah telah mengoptimalkan lokasi yang akan dikunjungi Menteri Pertanian.

"Pemerintah daerah sangat berkepentingan terhadap kunjungan Menteri Pertanian, mengingat masyarakatnya didominasi petani," ujar Indra.

Tidak hanya panen jagung, kunjungan tersebut akan dimanfaatkan untuk mengajukan permohonan bantuan pemerintah pusat terhadap pengembangan ternak sapi yang potensial di kabupaten ini.

Populasi ternak sapi di daerah ini mencapai delapan ribu ekor, sehingga bantuan infrastruktur termasuk bibit ternak sapi produktif sangat diharapkan.

Apalagi lapangan pekerjaan di daerah ini belum luas, sehingga pemerintah daerah berinisiatif mengembangkan potensi pertanian dan peternakan yang mudah dikembangkan di daerah ini.

Khusus jagung kata Indra, potensi lahan yang ada mencapai 35 ribu hektare namun yang termanfaatkan baru mencapai 20 ribu hektare dari luas lahan kering di daerah ini mencapai 75 ribu hektare.

Produksinya telah mampu mendukung program ketahanan pangan lokal. Harga jagung kering dengan kadar air 17 persen berada di kisaran Rp2.750-Rp2.900 per liter.

Sedangkan harga jual eceran mencapai Rp7.000 per liter, dimana produksi jagung lokal per tahun telah mencapai 53 ribu ton dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan antar pulau. (Susanti Sako - Antara News Gorontalo)