Kamis, 9 Juli 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Masyarakat Tetap Produktif Meski Berada di Rumah Dapat Apresiasi dari Gubernur

Bone Bolango,DistanProv– Program berkebun di pekarangan rumah disambut baik masyarakat. Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya pekarangan ataupun lahan kecil di sekitar rumah yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkebun.

Hal ini membuat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, merasa gembira dan mengapresiasi usaha masyarakat yang tetap produktif meski berada di rumah untuk mematuhi anjuran pemerintah ‘stay at home’ atau tetap berada di rumah untuk memutus tali penyebaran covid 19.

” Saya apresiasi usaha masyarakat untuk menyediakan bahan pangan mereka di masa pandemi ini, minimal tidak ke pasar beli sayuran. Ini juga mampu untuk menekan inflasi karena kebutuhan barito yang tinggi. Saya anjurkan setiap rumah ada bedengan,” kata Rusli saat meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mekar yang berada di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Senin (8/6/2020).

Rusli menginginkan agar hal ini tetap berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pangan, minimal untuk lingkungan keluarga sendiri.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljady Mario, mengatakan gubernur berharap di tengah pandemi covid 19 ini masyarakat dianjurkan untuk stay di rumah tapi tetap produktif dalam memproduksi pangan minimal untuk keluarga sendiri dan juga untuk dijual ke tempat lain.

” Jadi harapan beliau, masyarakat kita itu punya stok pangan sendiri di rumah. Syukur syukur stok pangan itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk mensuplai keluarga yang lain atau bahkan bisa dipasarkan ke pasar tradisional ataupun pasar keliling,” jelas Muljady.

Ia menambahkan, kalau pangan tersedia di halaman keluarganya, otomatis keluarga tidak harus mencari keluar. Kalaupun ada bantuan pemerintah berupa sembako, mungkin bisa dikurangi karena sudah tersedia di lahan masyarakat itu sendiri.

” Minimal stay at home tapi tetap produktif,” ungkap mantan Kepala BPIJ Provinsi Gorontalo ini.

Saat ini sudah ada surat keputusan gubernur terkait pengoptimalan lahan pekarangan rumah yang dibina oleh tiap OPD di lokasi-lokasi tertentu. Setiap OPD punya desa binaan. Tujuannya yaitu untuk memotivasi masyarakat supaya mau mengembangkan di wilayah mereka masing-masing.

” Harapan pak gubernur, dengan adanya OPD disitu otomatis bisa tertata dengan baik pengembangannya, bisa juga ke depan jadi lebih besar. Mungkin dengan melihat itu maka masyarakat lain juga bisa ikut mencontoh sehingga dia mereplikasi di wilayahnya masing-masing,” pungkas Muljady.

Dalam peninjauan, Rusli Habibie yang didampingi istri sekaligus anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syahidah, melakukan panen di lahan KRPL Mekar. Sayuran yang beragam nampak tumbuh subur di lahan tersebut diantaranya, bayam, kangkung, sawi, terong, cabe dan tomat. Rusli juga menyerahkan bantuan benih sayuran kepada anggota KRPL.

 

PPID_Distan