Kamis, 18 Juli 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Kurun Waktu 3 Bulan Pohuwato menghasilkan 137 Ribu Ton Jagung
Lokasi Panen Raya Jagung Oleh Gubernur Provinsi Gorontalo Desa Imbodu Kec. Randangan Kab. Pohuwato. Foto : Oman

 

Produktivitas jagung di Provinsi Gorontalo sangat meningkat di Tahun 2019, Khususnya di Kabupaten Pohuwato. Pemerintah Provinsi Gorontalo Melalui Dinas Pertanian Provinsi melakukan kegiatan Panen Raya Jagung yang dilaksanakan di Desa Imbodu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato, Senin (18/03/2019).

Panen Raya Jagung di Kecamatan Randangan Kab. Pohuwato di lakukan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Bersama Bupati Pohuwato Syarief Mbuinga menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) Combine Corn Harvester dan di dampingi oleh Ibu Gubernur Gorontalo Ida Syaidah Rusli Habibie beserta Kapolres Pohuwato seluas 25Ha dengan produktivitas mencapai 6,8 Ton/Hektar. Menurut kadistan Provinsi Gorontalo, Mulyadi D Mario mengatakan ini merupakan bagian dari realisasi panen khusus kabupaten Pohuwato yang hanya pada kurun waktu 3 bulan dari Januari sampai dengan maret 2019 diperkirakan mencapai 26.126 Ha, dengan capaian produksi 137.815 Ton. Mulyadi menambahkan dengan capaian ini Pemprov telah mengalokasikan bantuan di kabupaten pohuwato untuk tahun ini seluas 35.028Ha lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2018, yang terdiri dari Dipa Mandiri Tanaman Pangan seluas 12.500Ha, melalui APBN Provinsi seluas 22.528Ha yang terbagi dalam 2 tahap penyaluran. untk tahap 1 akan dilakukan penyaluran pada bulan maret ini, imbuhnya.

Di lokasi yang sama Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengatakan dalam sambutannya, telah terjadi peningkatan alokasi untuk sektor pertanian di kabupaten Pohuwato dimana di tahun 2019 bantuan benih jagung lebih besar dari tahun sebelumnya,kalau di hitung pada tahun 2019 ini mencapai 26 Milyar dari tahun sebelumnya sebesar 18 Milyar. Kami atas nama pemerintah kabupaten Pohuwato dan seluruh masyarakat petani mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie berkat beliau dukungan dan bantuan kementrian pertanian terus mengalir di Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Pohuwato ini.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan sangat senang melihat sepanjang jalan jagung di provinsi gorontalo sangat melimpah. target capaian produksi jagung di tahun 2019 mencapai 1.7 juta ton, ini merupakan tantangan bagi pemprov untuk bisa meningkatkan lagi menjadi 2 juta ton per tahun. untuk penyaluran benih jagung akan dilaksanakan pada bulan maret ini dan akan di tinjau dan di seleksi oleh tim untuk mendata calon petani yang benar benar layak untuk menerima bantuan ini agar tepat sasaran.

Pada Kegiatan panen raya tersebut Gubernur Gorontalo juga telah menyerahkan bantuan benih dan Kenderaan Roda Tiga secara simbolis kepada kelompok tani di Desa Imbodu Kecamatan Randangan yang terdiri jumlah kelompok tani sebanyak 27 Kelompok seluas 841Ha.

 

Pewarta Oman_PPID