Kamis, 18 Juli 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Keberhasilan Sektor Pertanian di Gorontalo Wujud Kerja Sama BPS dan Distan Prov

 

Komunikasi dan kerjasama yang baik akan memberikan dampak yang baik dalam mencapai target dan tujuan bersama, hal ini diwujudkan  berkat kerjasama antar Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo yang tertuang dalam MOU kepala dinas pertanian dan kepala BPS provinsi sejak tahun 2016.

Peranan sektor pertanian yang merupakan sektor Unggulan di Provinsi Gorontalo sangatlah besar mempunyai peranan cukup penting dalam perekonomian, dimana sampai saat ini sektor pertanian memberikan kontribusi cukup besar dalam pembentukan PDRB yaitu sebesar 32 persen. Salah satu subsektor pertanian yang mempunyai peranan penting adalah subsektor tanaman pangan seperti tanaman padi dan jagung.

Untuk memperoleh informasi mengenai tanaman pangan yang akurat, salah satu informasi penting yang dibutuhkan dalam perhitungan produksi tanaman pangan adalah hasil per hektar (produktivitas) yang dikumpulkan melalui survei ubinan.

Adapun tujuan pelaksanaan survei ubinan tanaman pangan adalah :

  1. Memperoleh informasi mengenai produktivitas (hasil per hektar) komoditas tanaman pangan (padi dan jagung)
  2. Memperoleh informasi pendukung lainnya, seperti metode penanaman, penggunaan pupuk, penanggulangan OPT dll

Dalam rangka mendukung kerjasama tersebut, tahun 2019 ini Dinas Pertanian Propinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran Survei Ubinan Swakarsa sebanyak kurang lebih  250 sample

Pelaksanaan ubinan bersama ini telah berlangsung sejak awal bulan Februari 2019 diseluruh wilayah kabupaten kota dengan melibatkan unsur Distan Provinsi BPS Propinsi, Kabupaten dan kota dan dihadiri juga Koordinator PPL dan PPL.

Saat di temui kepala Dinas Pertanian Mulyadi D Mario mengharapkan dari dukungan pelaksanaan program ubinan bersama ini dapat memberikan hasil yang optimal kinerja produksi dan produktivitas komoditi tanaman pangan dengan berbagai program dalam mendukung peningkatan produktivitas antara lain bantuan benih padi sebesar 33.750Ha atau seluruh lahan sawah terbantu dengan program ini, kemudian bantuan alsintan pra panen dan pasca panen juga melalui bajak gratis dan brigade alsintan, bantuan pupuk, sarana prasarana RJIT embung dan perpompaan, Selain itu juga program bantuan benih jagung Tahun 2019 mencapai 150.000 Ha yang diharapkan dapat menunjang target produksi dan swasembada jagung, imbuhnya.

 

Pewarta : Oman_PPID