Senin, 30 November 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Gorontalo Raih Penghargaan Terbanyak Nasional Bidang Pertanian Tahun 2020

Gorontalo,Distanprov,- Gorontalo terpilih menjadi Provinsi yang meraih kategori penghargaan terbanyak tingkat Nasional bidang pertanian, yang di serahkan langsung oleh Menteri Pertanian pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke 75 di Kementerian Pertanian pada tgl 17 Agustus 2020

Provinsi Gorontalo meraih peringkat terbaik dalam kategori Petani Teladan, Penyuluh Teladan, Kelompok Ekonomi Petani Terbaik dan BPP Terbaik. Berdasarkan seleksi tingkat nasional yang ketat maka Keempat kategori tersebut diatas memperoleh penghargaan terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementan RI. Dr.Ir Leli Nuryati,M.Sc mengatakan turut bangga dan mengapresiasi degan keberhasilan yang dicapai Provinsi Gorontalo dalam meraih empat penghargaan sekaligus di tingkat Nasional.

Penghargaan yang diraih adalah, Kategori Balai Penyuluh Pertanian Berprestasi di raih oleh BPP Paguyaman Kabupaten Boalemo, Kategori Penyuluh PNS Teladan yaitu Zulkifli Rauf dari Kabupaten Bonebolango, Kategori Petani Teladan di raih oleh Kasim Daud asal Kecamatan Suwawa Kabupaten Bonebolango dan terakhir kategori Kelompok Ekonomi Petani (KEP) berprestasi di terima oleh KEP Harapan Indah Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.

“Alhamdulillah, apresiasi besar kami ucapkan semoga menjadi semangat untuk Gorontalo jauh lebih baik lagi karena dukungan Pemerintah Provinsi Gorontalo pada Penguatan Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang di programkan Kementan RI terlaksana dengan baik khususnya di Provinsi Gorontalo, dapat di lihat dari penghargaan yang di raih dalam memajukan pertanian di Provinsi Gorontalo”, Ujar Leli Nuryati.

Leli Nuryati juga menambahkan penilaian penghargaan ini semata-mata bukan untuk mencari juara namun lebih ditekankan pada pembinaan dalam penyelenggaraan kegiatan penyuluhan pertanian baik di tingkat Desa, Kecamatan, dan Provinsi agar lebih di perbaiki dan ini juga bukan hanya menjadi contoh buat Gorontalo,tapi juga secara Nasional.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady D Mario mengatakan, sektor pertanian memegang peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional khususnya di Gorontalo.

Menurutnya, penguatan pertanian di Provinsi Gorontalo akan terus dilakukan karena di masa pandemi Covid-19 hanya pertanian yang mampu menggeliat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam peningkatan sektor ekonomi.

“Kita semua mengakui pertanian adalah penopang utama di masa Covid-19. Ini menunjukkan petani dan penyuluh di Gorontalo tetap semangat meski dalam kondisi seperti ini. Makanya kita ingin memperkuat petani, penyuluh, poktan dan gapoktan dalam kostratani di kabupaten/kota”

Ia mengharapkan, Kostratani bisa menjalankan fungsi sebagai pusat data dan informasi, juga pusat pengembangan pertanian, termasuk pusat belajar di Provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah, Gorontalo terpilih sebagai pemenang kategori terbanyak Nasional, semoga selanjutnya produksi pertanian di Gorontalo akan terus meningkat, tutupnya.

 

 

Pewarta : Oman_PPID Distan