Selasa, 11 Mei 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
Gorontalo Dapat 24 Ribu Akseptor Inseminasi Buatan Ternak Sapi

Kota Gorontalo,Distanprov,- Pemerintah Provinsi Gorontalo bergembira setelah pemerintah pusat menyetujui akseptor Inseminasi Buatan (IB) 24.000 Akseptor Inseminasi Buatan (IB).           

Padahal awalnya program ini terkena kebijakan refocusing anggaran.

Kepastian jumlah ini terungkap pada rapat koordinasi Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri  (Sikomandan) di Hotel New Rachmat Kota Gorontalo Rabu, (31/3/2021). 

"Kami bersyukur karena pemerintah yang melalukan rasionalisasi anggaran, kini mendapatkan  Alokasi Biaya Tambahan (ABT) sebesar Rp3,9 miliar, salah satu di antaranya mendapatkan akseptor sebanyak 24.000 ekor akseptor IB, pemeriksa kebuntingan 16.800 ekor dan target kelahiran 13.440 ekor pedet,” kata Kahar Gani Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Kegiatan Inseminasi Buatan ini sudah memasuki tahun keempat sejak Tahun 2018 yang programnya masih bernama Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Selanjutnya Kegiatan dinamakan Sikomandan dikembangkan Kementerian Pertanian  untuk memenuhi kebutuhan daging  nasional. Program ini sebagai solusi permanen dalam menjawab masih rendahnya produksi daging.

"Untuk kabupaten/kota yang sudah mencapai 50 persen realisasi Kinerja Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksaan Kebuntingan (PKb)  dan Lahir (LH) ternak sapi dapat menyesuaikan kembali dengan target akseptor yang baru yang didapat dari Alokasi Biaya Tambahan ini,” tegas Kahar Gani.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas yang membidangi fungsi peternakan kabulaten/kota se-Provinsi Gorontalo, koordinator recorder, dan perwakilan petugas teknis Insemninator, serta Kapala Cabang Samator Gorontalo.

"dan selanjutnya target akseptor ini akan disebar ke seluruh kabupaten/kota sesuai dengan potensi populasi dan sarana peralatan IB yang tersedia," ugkap Kahar.

 

 

Editor : Rifai Amu, S.Pt,MM (Wasbitnak Ahli Distan Prov Gorontalo)

Pewarta : Oman_PPID Distan