Senin, 2 Agustus 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
FERMETASI PAKAN TERNAK,  SOLUSI KELANGKAAN PAKAN

Pakan Komplit    

Secara umum Pakan Komplit (Complete Feed) adalah suatu teknologi formulasi pakan yang mencampur semua bahan pakan yang terdiri dari hijauan (limbah pertanian) dan konsentrat yang dicampur menjadi satu tanpa atau hanya sedikit tambahan rumput segar. Pakan Komplit adalah ransum berimbang yang telah lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak, baik untuk pertumbuhan, perawatan jaringan maupun produksi. Dengan pemberian pakan komplit, lebih praktis dan sangat menghemat tenaga kerja serta peternak tidak perlu lagi setiap hari mencari rumput.

Bahan pakan yang digunakan adalah limbah pertanian dan perkebunan sebagai sumber serat seperti kulit kacang tanah, jerami kacang tanah, jerami kedelai, tongkol jagung, pucuk tebu dll. Ditambah limbah agroindustri sebagai sumber energi yaitu dedak padi, dedak jagung, tetes, onggok, dll. Bahan bahan sumber protein seperti bungkil kelapa, ampas tahu, kulit kopi, kulit coklat dan urea. Dilengkapi dengan bahan sumber mineral seperti garam dapur, zeolit, tepung tulang mineral mix dll. Optimalisasi pemanfaatannya akan menjadi solusi kelangkaan pakan.

Formulasi

Komposisi nutrisi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ternak dan juga pertimbangan harga. Tidak ada formulasi pakan yang baku, hasil formualsi akan berbeda untuk setiap wilayah tergantung pada ketersediaan bahan baku lokal. Penyusunan formula pakan dapat dilakukan dengan metode sederhana, metode coba-coba sampai dengan menggunakan computer dengan menggunakan bantuan software tertentu.

Contoh beberapa formulasi pakan untuk pembuatan 1.000 Kg pakan komplit.

Formula ini merupakan gambaran tentang jenis-jenis bahan baku tersedia di Provinsi Gorontalo, dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyusun pakan komplit.

Nilai nutrisi pakan komplet dapat diatur dengan cara menentukan jumlah dan jenis campuran. Dengan demikian, ternak tidak berkesempatan memilih pakan sehingga memperkecil jumlah pakan yang tidak dimakan.

Cara Pembuatan

1. Hijauan yang sudah layu/kering dicacah (semakin kecil semakin baik), kemudian dihamparkan diatas terpal dan diatasnya konsentrat.

2. Buat Larutan Garam, Urea, Tetes Tebu (Molases) dan Probiotik dengan air secukupnya.

3. Semprotkan / Percikkan larutan No. 2 keatas hamparan bahan No. 1, selanjutnya diaduk – aduk merata, hingga kadar air campuran mencapai 25—30 %.

4. Untuk mengukur Kadar Air, adonan dikepalkan ditangan bila tangan basah tapi air tidak menetes berarti takaran kadar air sudah cukup.

5. Masukkan adonan No. 3 kedalam drum plastik, dipadatkan dan tutup rapat ( tidak ada udara luar yang masuk ).

6. Pakan Komplit hasil fermentasi ini dapat digunakan setelah 3 hari proses fermentasi berlangsung.

Setelah 3 hari difermentasi Pakan Komplit siap diberikan kepada ternak. Takaran pemberian Pakan Komplit adalah 5 % dari Bobot Ternak dan diberikan 2 – 3 kali sehari.Setelah pemberian pakan drum plastik ditutup lagi rapat – rapat agar udara luar tidak masuk. Dengan perlakuan yang benar Pakan Komplit ini dapat bertahan selama 1,5 bulan.

Pola Pemberian

Pola pemberian pakan dapat pula diupayakan dengan campuran antara hijauan sebagai ransum pokok dan konsentrat atau complete feed sebagai pakan tambahan.

Komposisi pakan yang diberikan disesuaikan dengan umur dengan patokan proporsi campuran sebagai berikut:

a).   Dewasa = Hijauan 75% + Pakan Komplit 25%

b).   Induk bunting = Hijauan 60% + Pakan Komplit 40%

c).   Induk menyusui = Hijauan 50% + Pakan Komplit 50%

d).   Anak sebelum disapih = Hijauan 40% + Pakan Komplit 60%

e).   Anak lepas sapih = Hijauan 25% + Pakan Komplit 75%

Pakan Komplit ini sangat membantu dalam proses pemeliharan karena lebih efisien, sehingga peternak tidak usah khawatir untuk menambahkan populasi. Selain itu dengan aplikasi pakan komplit fermentasi kelangkaan pakan teratasi.

 

Pewarta : Oman_PPID Distan

Penulis : Harisnur Abdul, S.Pt. MM

Pengawas Mutu Pakan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

Disarikan dari berbagai sumber.