Jumat, 18 September 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Distan Provinsi dan BPS Provinsi Gorontalo Teken MoU Satu Data Statistik Pertanian

Gorontalo,DistanProv,-Dalam Rangka penetapan, pengelolaan, penyajian satu data dan informasi statistik dalam mendukung perencanaan, pengembangan, dan pembangunan di Provinsi Gorontalo, khususnya pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo teken Nota Kesepahaman (MoU) .

Penandatanganan Mou ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Jumat (13/03/2020), yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi D Mario dengan Kepala BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati disaksikan langsung oleh kepala dinas dan pejabat struktural dinas pertanian kab/kota,BPS Kab/kota, serta pengolah data statistik baik dinas pertanian dan BPS kab/kota se Provinsi Gorontalo.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen, kerja sama, dan sinergi antara Dinas Pertanian Provinsi dan BPS Provinsi Gorontalo dalam mewujudkan penyediaan, pemanfaatan dan pengembangan satu data dan informasi statistik pertanaian yang berkualitas untuk pembangunan pertanian di Provinsi Gorontalo.

Kadis Pertanian Mulyadi Mario Mengatakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) ini sudah kedua kalinya dilaksnakan dengan BPS Provinsi, sebelumnya pada tahun 2015 dan saat ini di Tahun 2020, dalam artian telah diperbaharui lagi untuk lima tahun ke depan. Dalam perpanjangan Mou ini semua pihak baik dinas pertanian kab/kota, petugas pengolah data dan pihak BPS kab/kota Provinsi Gorontalo, di harapkan mampu bekerja dan memaksimalkan terwujudnya satu data statistik bidang pertanian.

“Harapan saya kedepan, kerja sama ini kita akan dorong agar lebih produktif lagi dan juga berharap dukungan bapak ibu dinas pertanian kabubaten/kota untuk dapat membangun komunikasi seacara rutin terutama dengan BPS kab/kota”, ujar Mulyadi.

Dalam sambutan Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarwati mengungkapkan sesuai peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia, maka saat ini pihak pemerintah baik pemerintah daerah, Instansi Vertikal, OPD se Provinsi Gorontalo, maupun pihak Swasta diharapkan dapat mewujudkan keterpaduan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang harus di dukung oleh data akurat, mutahir, terpadu, mudah di akses dan dapat di pertanggung jawabkan.

“Jadi kalo datanya satu mudah di bagi, di pakaikan kemana-mana, kalo datanya bermacam-macam orang akan bingung dan sulit mencari data mana yang harus di pakai, maka perlu adanya perpres yang mengatur tentang satu data Indonesia”, tutur Herum.

Ia menambahkan sebagai upaya peran aktif, kolaborasi antara Dinas Pertanian dan BPS lingkup Provinsi Gorontalo sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing maka penandatanganan nota ksepahaman ini perlu dilakukan.

“Apresiasi terbesar dari kami kepada Kepala Dinas Pertanian karena tanpa adanya MoU ini maka kegiatan-kegiatan dalam penyusunan data statistik akan kurang secara administrasinya”. Demikian Herum Fajarwaty.

 

Pewarta : Oman_PPID.Distan