Selasa, 2 Juni 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
DISTAN PASTIKAN KETERSEDIAAN PRODUKSI DAN STOCK PANGAN AMAN DAN MENCUKUPI HINGGA LEBARAN

Gorontalo,DistanProv,-Demi memastikan ketersediaan produksi dan stock pangan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda,Social Distancing (Jaga Jarak) dan Work From Home (WFH) tidak menjadi kendala bagi Dinas Pertanian  Provinsi Gorontalo untuk melakukan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi program strategis dalam rangka pengamanan produksi pertanian dan ketersediaan stock pangan di Gorontalo dalam menghadapi wabah Covid 19.

Melalui aplikasi virtual meeting/video conference, rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Mulyadi D Mario melibatkan seluruh Kadis Pertanian/Peternakan kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, kepala BPTP dan seluruh pejabat esselon III Lingkup Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Jumat (03/04/2020)

Agenda rapat kali ini meliputi pemaparan singkat oleh Kepala Bidang/UPTD mengenai program/kegiatan strategis, kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dukungan dari kab/kota serta laporan ketersedian produkasi pangan dilapangan.

“Ketersediaan stock pangan sampai dengan lebaran nanti alhamdulillah di jamin mencukupi dan aman, karena sesuai laporan dari seluruh kabupaten/kota terutama pada ketersediaan pangan beras, gula pasir, cabai dan bawang,” ungkap mulyadi. Menurutnya ini sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Pertanian RI dengan mengacu pada 2 skenario, ketersediaan stok bahan pangan pada skala bulan april sampai lebaran dan selanjutnya ketersediaan sampai pada bulan desember.

Dari hasil pemaparan seluruh kabupaten/Kota serta kepala Bidang/UPTD Lingkup Distan Provinsi, ketersediaan pangan di Provinsi Gorontalo selama april ini melebihi kebutuhan, diantaranya Beras yang tersedia sebanyak 142.847 ton sementara kebutuhan hanya 11.660 Ton. Begitu juga gula pasir tersedia sebanyak 7.237 ton dan kebutuhan hanya 1.263 ton, kemudian minyak goreng yang tersedia sebanyak 3.600 ton semntara kebutuhan 1.360 ton pada bulan ini.

Selain itu stock untuk daging sapi pada bulan ini tersedia sebanyak 1.108 ton, dan kebutuhannya hanya mencapai 96 ton. Daging ayam sebanyak 6.782 ton dan kebutuhan sebanyak 6.637 ton. Serta  yang tidak perlu di resahkan masyarakat tentang ketersediaan Telur Ayam, karena Saat ini telur ayam tersedia sebanyak 4.199 ton sementara kebutuhan hanya berkisar pada 415 ton pada bulan ini. Begitu juga buah buahan stock yang tersedia sebanyak 53.853 ton dan berdsarkan kebutuhan mencapai 3.443 ton.

Mulyadi Mengharapkan agar segera mengidentifikasi keterjangkauan harga di lapangan, dan mengidentifikasi lebih detail  potensi pangan di petani di mana saja dan stock nya berapa/mapping ketersediaan stock bahan pangan di tiap kabupaten/kota. ”identifikasi lebih detail  potensi pangan di petani di mana saja dan stock nya berapa/ mapping ketersediaan stock bahan pangan di tiap kabupaten/kota, serta dapat dipastikan bahan pangan tersebut dialokasi untuk kita, tidak dibawa ke daerah lain,” Tuturnya.

Untuk program bantuan, Mulyadi menambahkan masyarakat saat ini tidak perlu hawatir, karena di tengah mewabahnya covid-19 ini pemerintah tetap akan mengawal dan menjaga kebutuhan seluruhnya, “bantuan akan tetap disalurkan baik ketersediaan benih dan pupuk, bantuan ternak sapi, kambing dan ayam KUR begitu juga perluasan dan peemajaan perkebunan, semua akan disalurkan dan di targetkan selesai sebelum lebaran nanti”, tutup Mulyadi.

 

Pewarta : Oman_PPID Distan