Kamis, 9 Juli 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
DISTAN OPTIMIS “SIKOMANDAN 2020” SESUAI TARGET

 

Kota Gorontalo,DistanProv-Kepala Dinas Pertanian Mulyadi D Mario sangat optimis dalam pecapaian target program yang di luncurkan oleh Kementrian Pertanian yang di gagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yaitu Program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) di Provinsi Gorontalo.

Dalam upaya tersebut Distanprov melaksanakan Rapat koordinasi SIKOMANDAN Tingkat Provinsi Gorontalo di Hotel MAQNA kota Gorontalo, Selasa (11/02/2020). SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) program yang dicetus oleh Menteri Pertanian memberi harapan baru bagi Gorontalo dalam percepatan peningkatan Populasi Sapi. Dimana Gorontalo mendapatkan Target Sikomandan Sebanyak 20.000 ekor Akseptor. Kebuntingan 14.000 ekor, dan target Kelahiran 12.600 ekor. Sedangkan Untuk Target Akseptor Kawin Alam Sebanyak 50.000 ekor dan Lahir 42.500 ekor.

Rapat Koordinasi yang dibuka langsung Oleh Kadis Pertanian Provinsi Gorontalo dihadiri oleh BPTP Gorontalo, Balai Karantina Kls 2 Gorontalo, Kepala Dinas Yang Membidangi Fungsi Peternakan Kab/Kota, Koordinator ISIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Indonesia), Recorder dan Petugas Teknis IB,PKb dan ATR Se Provinsi Gorontalo.

“Target SIKOMANDAN 2020 sangat drastis kenaikkannya dibanding Upsus Siwab Tahun lalu, tapi kami optimis dengan tekad dan sarana serta petugas inseminator yang ada di masing-masing kabupaten kota Insyaa Allah kita dapat mencapainya dengan tekad berkolaborasi bersama baik dengan Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota yang diberikan oleh pusat” ujar Mulyadi.

Dalam arahannya juga kadis berharap kabupaten kota dapat memanfaaatkan pengiriman ternak sapi melalui kapal ternak yang sudah beroperasi di pelabuhan Kwandang Kab Gorontalo Utara dengan tujuan Kalimantan.

Sementara itu, ada kebutuhan yang disampaiakn dalam rapat koordinasi tersebut yaitu Kabupaten Gorontalo Utara memohon agar Pemerintah Provinisi Melalui Dinas Pertanian Provinsi dapat menambah Vaksin Rabies di kabupaten Gorontalo Utara dimana belakangan ini sedang marak terjadi gigitan Anjing Rabies.

 

 

Pewarta : Oman_PPIDdistan