Kamis, 9 Juli 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
DISTAN GELAR RAKORTEK PERCEPATAN PELAKSANAAN PROGRAM/KEGIATAN 2020 DAN FORUM OPD BID.PERTANIAN 2021

 

Kota Gorontalo,DistanProv,- Dalam rangka mempercepat dan mensikronkan pelaksanaan kegiatan tahun 2020, Dinas Pertanian Gelar Rakortek Sekaligus Forum OPD Lingkup Pertanian untuk perencanaan tahun 2021 di Hotel Horison Nayumi Gorontalo, Rabu (12/02/2020).

Acara yang di buka oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim bertujuan untuk mengetahui alokasi kegiatan baik APBD per Kabupaten/Kota sesuai hasil Refocusing DIPA 2020 dan membahas persiapan teknis pelaksanaan kegiatan tahun 2020 serta menyusun dan memformulasikan usulan kegiatan tahun 2021 sebagai bahan Rencana Kerja (Renja) Distan Provinsi Gorontalo TA 2021.

Turut hadir pada Rakortek ini Bappeda Prov Gorontalo, Satuan Kerja Pusat (BPTP), Pejabat Esselon II, III dan IV Lingkup Dinas Pertanian/Peternakan Provinsi dan Kab/kota.

Dalam sambutannya Idris Rahim mengungkapkan sektor pertanian sangat berpegaruh terhadap ekonomi, untuk itu kami sebagai pemerintah provinsi sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja dalam mensukseskan program pertanian di tanah Gorontalo, program pertanian harus berjalan sesuai yang di harapkan dan harus tepat sasaran.

“saya mengharapkan adanya koordinasi dan komunikasi antara Provinsi,Kabupaten dan Kota, jangan sampai ada program pertanian yang tumpah tindih untuk menjaga jangan ada program dan anggaran yang mubazir, karena tujuan pemerintah provinsi adalah bagaimana kita mampu meningkatkan jumlah produksi dan produktivitas pertanian”, tutur Idris.

Foto Bersama Wakil Gubernur Beserta Jajaran DInas Pertanian Se Provinsi Gorontalo

Foto bersama Wakil Gubernur Beserta Jajaran Dinas Pertanian se Provinsi Gorontalo

Beberapa program refocusing yang di bahas dalam Rakortek ini yakni Pengembangan Kostratani dan pembangunan SDM Pertanian melalui pendidikan dan pelatihan vokasi,Fasilitasi pembiayaan, infrastuktur dan alsintan, peningkatan produksi tanaman pangan berbasis korporasi, Pengembangan kawasan hortikultura berdaya saing, Gerakan peningkatan produksi nilai tambah dan daya saing perkebunan, Peningkatan populasi, produktivitas dan mutu genetik ternak, Akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi dan produksi benih/bibit, Pengentasan daerah rentan rawan pangan serta distribusi dan pengendalian harga pangan pokok, dan Akselerasi ekspor melalui program gerakan tiga kali ekspor (gratieks).

Pada kesempatan yang sama Kadis Pertanian Mulyadi mengharapkan baik Kabupaten dan Kota harus proaktif menjalankan program-program pertanian 2020 seperti peningkatan produksi pangan (khususnya beras dan sapi), pembiayaan pertanian (kur) dan kostra tani dengan melalukan percepatan pelaksanaan kegiatan tahun 2020.

Rakortek di awali dengan pemaparan secara panel oleh Kadis Pertanian selanjutnya oleh Bappeda tentang rancangan kebijakan pembangunan daerah tahun 2021 kemudian di lanjutkan dengan pembahasan desk yang terdiri dari 6 kelompok Tanaman Pangan, Hortikultura, PSP, Peternakan, Perkebunan dan Penyuluhan.

 

Pewarta : Oman_PPIDdistan