Senin, 25 Januari 2021
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 38.000/KgBawang Putih : Rp. 30.000/KgCabe Merah Besar : Rp. 40.000/KgCabe Rawit : Rp. 38.000/KgTomat : Rp. 5.000/Kg
DINAS PERTANIAN GELAR RAPAT KOORDINASI DAN PERCEPATAN PROGRAM BIDANG PERTANIAN 2021

Kota Gorontalo,Distanprov,- Dimasa pandemi wabah covid-19 pertumbuhan pertanian di Provinsi Gorontalo tetap menunjukkan hasil yang baik. Ini dibuktikan dengan langkah Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menjadikan sektor pertanian sebagai prioritas dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Sinkronisasi program baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, telah terbit Permendagri No 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah. hal ini sangat penting dalam mendukung proses penyelenggaraan perencanaan pembangunan daerah dan perencanaan anggaran daerah. dalam uaraian permendagri tersebut telah di klasifikasikan bidang urusan pemerintahan, program dan kegiatan sehingga perencanaan program/kegiatan tidak tumpah tindih antara pusat dan daerah.

Untuk itu Dinas Pertanian menyelenggarakan rapat koordinasi dan percepatan pelaksanaan program/kegiatan bidang pertanian tahun 2021 dan melibatkan unsur OPD Provinsi Gorontalo (Bappeda, Dinas Pangan, Diskumperindag), satuan kerja pusat pertanian (BPTP, Karantina, BMKG, BPS), unsur akademisi (UNG, Unisan), serta pejabat esselon II, III dan IV lingkup dinas pertanian/peternakan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Senin (21/12/2020).

Dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan, rakor yang di buka oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bertujuan untuk mensinkronkan alokasi kegiatan baik APBD maupun APBN per Kabupaten/Kota sesuai DPA/DIPA 2021 serta membahas persiapan teknis dan langkah-langkah kongkrit percepatan pelaksanaan kegiatan tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian Mulyadi D Mario dalam laporannya mengatakan, beberapa kegiatan utama di Tahun 2021 ini meliputi bantuan budidaya padi, jagung dan kedelai, pengembangan kawasan sayuran dan buah-buahan, sarana pasca panen tanaman pangan dan hortikultura, pengembangan kawasan tanaman tahunan dan penyegar, pengelolaan sistem penyediaan dan pengawasan alat mesin pertanian, pengelolaan air irigasi untuk pertanian, fasilitasi pembiayaan pertanian, penyediaaan benih dan bibit serta peningkatan produksi ternak, pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan, penguatan penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

 “Alhamdulillah kita telah sampai dipenghujung Tahun 2020, walaupun ditengah krisis pandemi covid 19 namun sektor pertanian tetap menunjukkan kinerja yang baik dan mudah-mudahan akan lebih baik dan terus berkelanjutan di Tahun yang akan datang, tutur Mulyadi.

Mulyadi menambahkan, sebagai tindak lanjut terbitnya dokumen anggaran maka perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit percepatan realiasasi bantuan pemerintah tahun 2021 yaitu target Realisasi triwulan I (30%), triwulan II (70%), triwulan III (90%), triwulan IV (100%) dan akan dilakukan evaluasi kineja setiap triwulan serta menetapkan SK CPCL oleh Kepala Dinas pertanian Kabupaten/Kota, dan SK persetujuan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Idris Rahim sangat mengapresiasi keberhasilan dalam mempertahankan kinerja khususnya bidang pertanian walaupun di masa pandemi Pertanian Gorontalo masih tetap dalam kondisi stabil bahkan lebih baik. Hal ini dapat di lihat dari perkembangan Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) yang merupakan perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks yang dibayar petani untuk produksi yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, NTP mencapai 99,7% dan NTUP sebesar 100,70%.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak khususnya dukungan kabupaten/kota yang telah bekerja keras dalam mensukseskan program pertanian di Provinsi Gorontalo, melalui acara rapat ini saya minta partisipasi aktif dari peserta kabupaten/kota dalam membahas program/kegiatan ke depan”, ucap Idris.

Idris Rahim juga mengharapkan agar upaya yang di lakukan akan memberikan manfaat bagi pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat tani di Gorontalo sebagaimana harapan Pemerintah Provinsi dan harapan kita bersama.

 

 

Pewarta : OmanMoningka_PPID Distan