Kamis, 24 Oktober 2019
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Dinas Pertanian Bantu Tekan Pengeluaran Petani Melalui Brigade Alsintan
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (kedua kanan), didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljady D. Mario (kanan), meninjau alsintan yang merupakan bagian dari program brigade alsintan di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo (Foto:Humasprov)
 

Kabupaten Gorontalo, Distan – Ide Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, untuk membantu menekan pengeluaran para petani melalui peminjaman alat mesin pertanian (alsintan) lewat program brigade alsintan telah dilaksanakan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo sejak tahun 2015.

 “Peran brigade alsintan adalah meringankan biaya penggunaan alsintan oleh petani karena hanya menanggung biaya bbm, operator dan mobilisasi alsintan, serta menyediakan biaya pemeliharaan dan perawatan alsintan melalui intervensi APBD,” jelas Muljady saat pertemuan dan silaturahim bersama petani peminjam alsintan di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Sabtu (30/3/2019).

Selain itu kata Muljady, brigade alsintan juga mempersingkat  waktu pengolahan tanah dan waktu panen dan mempercepat penanaman sehingga ada keserempakan waktu tanam maupun keserempakan waktu panen.

Ketersediaan alsintan di brigade alsintan Provinsi Gorontalo yang diadakan sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, semuanya terawat dengan baik dan dalam keadaan atau kondisi siap dioperasionalkan.

 Pada tahun ini, pemprov Gorontalo juga mengalokasikan program bajak gratis untuk petani miskin di Provinsi Gorontalo seluas 300 ha.

 “Total luas lahan yang telah diolah melalui operasional brigade alsintan sampai dengan saat ini seluas 68.900 ha selama 5 musim tanam,’ urai Muljady.

Satu hal yang menjadi kebanggan program brigade alsintan ini adalah telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Pertanian RI dan menjadi pilot project pengelolaan dan pelayanan jasa alsintan bagi provinsi lainnya. Selain itu, menjadi nominasi dalam dalam penilaian penghargaan PPD Bappenas RI tahun 2019 kategori inovasi pelayanan publik pemerintah daerah.

 

Humasprov***