Selasa, 2 Juni 2020
  Harga Komoditi
Bawang Merah : Rp. 28.000/KgBawang Putih : Rp. 40.000/KgBeras Medium : Rp. 18.000/KgBeras Premium : Rp. 12.500/KgCabe Merah Besar : Rp. 38.000/KgKacang Tanah : Rp. 26.000/Kg
Covid-19 Tak Ganggu Produksi Pertanian, Stok Pangan Aman

Gorontalo,DistanProv,- Masyarakat Gorontalo tidak perlu risau dengan ketersediaan pangan di tengah merebaknya wabah corona virus (Covid-19). Produksi pangan lokal cukup menjamin hingga beberapa bulan mendatang. Bahkan, dipastika melimpah. “Saat ini kita sedang panen raya, dan produksinya melebihi jika di rata-ratakan dengan tingkat konsumsi masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady D Mario.

Dikatakannya, produksi beras pada bulan maret 2020, melakukan panen untuk 4.024 hektar sawah atau setara beras kurang lebih 10.582 ton. Sedangkan pada bulan april nanti produksi 21.025 ton beras, pada bulan mei 19.719 ton beras dan bulan juni 13.792 ton beras.

“Konsumsi beras per orang per bulan itu, sudah paling banyak 10 kg. Kita bisa hitung dengan produksi beras yang ada, jika dkalikan dengan jumlah penduduk gorontalo yang 1,1 juta jiwa. Maka sangat surplus,” jelas Muljady. Makanya, lanjut Mulyadi jika kondisi terburuk terkait Covid-19 dilakukan pemerintah, misalnya pemberlakuan lockdown, maka produksi pangan lokal tetap bisa mensuplai kebutuhan pangan selama kebjakan itu dilakukan.

“Tentunya kita sama-sama berdoa agar virus ini segera berakhir,” ujarnya. Begitupn dengan jagung data dinas pertanian menyebutkan panen jagung yang dilakukan petani pada bulan februari mencapai 30.419 hektar dan bulan maret 29.788 hektar, sedangkan untuk april akan mencapai 28.395 hektar.

“Dalam kondisi wabah ini, alhamdulllah petani kita tetap berpenghasilan. Panen tetap berlangsung,” kata Mulyadi. Artinya lanjut Mulyadi, sektor ekonomi Gorontalo yang paling besar di gerakkan oleh pertanian, tetap bergairah di tengah Covid-19 yang melumpuhkan banyak sektor ini.

Apalagi dalam musim tanam april mendatang, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menyiapkan bantuan benih. “Bantuan benih kita ready, siap disalurkan,” terangnya. Hal yang sama disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, Ramdhan Pade, kemarin. Ia menyampaikan jika produksi pertanian di Gorontao tetap berlangsung, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan di daerah.”yang paling penting, petani juga tetap berpenghasilan,” terangnya.

 

Pewarta : Oman_PPID Distan

Editor : GP